Ini Tandanya Ban Mobil Anda Harus Diganti - zist100

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

test banner

Rabu, 13 Februari 2019

Ini Tandanya Ban Mobil Anda Harus Diganti



Sudah barang tentu ban mobil yang berkualitas akan memberikan kenyamanan bagi pengendaranya. Ban merupakan salah satu jenis sparepart atau bagian mobil yang perlu diperhatikan kualitasnya. Ban juga harus diganti secara berkala. Jika sudah menunjukan tanda-tanda kerusakan ban perlu segera diganti secepatnya karena jika dibiarkan begitu saja akan menyebabkan hal-hal yang berbahaya.

Ban yang sudah aus atau rusak jika dibiarkan begitu saja dan tetap digunakan untuk berkendara, maka bisa menimbulkan bahaya bagi Anda sebagai pengendara. Bisa saja terjadi kecelakaan karena mobil tidak bisa berjalan dengan stabil akibat kondisi ban yang sudah memprihatinkan. Apalagi kalau kondisi jalannya tidak mendukung, licin atau bergelombang misalnya.

Sebagai pengendara mobil, Anda harus jeli memperhatikan kondisi mobil. Sebisa mungkin Anda perlu melakukan perawatan yang tepat agar mobil selalu berada dalam kondisi yang prima. Selain memeriksa kondisi mesin, Anda juga tidak boleh lupa memeriksa kondisi ban apalagi kalau mobil digunakan untuk perjalanan sehari-hari.

Tanda Ban Perlu Diganti

Seringkali pengendara cuek dengan kondisi mobilnya. Asalkan mesin masih bisa menyala dan mobil masih bisa berjalan maka dianggap tidak ada masalah. Padahal ada banyak aspek lain yang juga harus diperhatikan. Salah satunya adalah masalah ban ini.

Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa ban pada mobil Anda harus segera diganti. Sebagai pengendara Anda harus teliti melihat tanda-tanda tersebut. Berikut adalah beberapa tanda bahwa ban mobil sudah aus dan perlu diganti :

1. TWI Terkikis

Apa itu TWI? TWI merupakan kependekan dari Tread Wear Indicator. TWI berbentuk segitiga dan digunakan sebagai indikator kualitas ban Anda. TWI bisa ditemukan di batas paling bawah kembangan ban. TWI berupa tonjolan karet yang ada di sela-sela kembangan ban. Jika TWI sudah terkikis maka ban sudah tipis dan harus segera diganti.

2. Kembangan Ban Pudar

Anda bisa melihat langsung bagaimana kondisi kembangan ban. Ban sudah harus diganti jika kembangan ban sudah pudar. Karena dipakai berkendara, maka kembangan ban ini terus menerima gesekan dan lama kelamaan akan memudar atau menipis. Jika sudah menipis, maka segera ganti ban Anda supaya tidak menimbulkan kecelakaan.

3. Muncul Benjolan

Pada ban yang sudah tua dan sudah sering digunakan untuk berkendara, biasanya akan muncul benjolan. Benjolan ini bisa terjadi akibat pengisian angin yang berlebihan. Anda bisa merasakan adanya benjolan pada ban ketika berkendara. Jika ada benjolan pada ban, maka Anda akan merasakan getaran ketika mengendarai mobil.

4. Cek Usia Ban

Ban juga memiliki usia dan ketika usianya semakin tua maka kualitasnya juga akan semakin menurun. Jadi, sebaiknya Anda ingat kembali usia ban yang digunakan. Jika sudah terlalu tua, maka segera ganti ban Anda daripada nanti terjadi kebocoran atau menimbulkan kecelakaan karena kondisi ban yang sudah memprihatinkan.

5. Muncul Retakan

Tanda berikutnya yang menunjukan bahwa ban Anda perlu segera diganti adalah adanya retakan. Retakan tersebut bisa muncul di bagian kembangan ban atau bisa juga di dinding ban. Namun seringkali muncul retakan padahal kembangan ban masih tebal. Jika kondisi ini terjadi, Anda tetap disarankan mengganti ban secepatnya.

Itulah tadi 5 tanda yang menunjukkan bahwa ban mobil Anda harus segera diganti. Pastikan Anda mengganti ban dengan ban yang berkualitas baik dan original. Jangan lupa lakukan pemasangan di tempat yang terpercaya sehingga tidak akan terjadi masalah pada ban Anda di kemudian hari.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

test banner